Cara Resolve Customer Payment

Resolve Customer Payment adalah penyelesaian pembayaran faktur dari pelanggan yang sebelumnya masih dianggap belum lunas namun sudah ada konfirmasi pembayaran untuk diselesaikan agar menjadi lunas.

Jika Anda memiliki pembayaran faktur dari pelanggan atau Customer Payment yang statusnya belum dapat dikatakan lunas/cair atau pembayaran via Giro namun sudah mendapat konfirmasi pembayaran dari pelanggan, Anda dapat melakukan penyelesaian atau resolve pembayarannya saat Giro sudah cair atau pembayaran sudah Anda terima.

Biasanya, tanggal pembayaran via Giro dengan tanggal pencairan akan memerlukan jeda waktu beberapa hari. Sehingga pencatatan pembayaran juga dapat Anda sesuaikan dengan tanggal kapan dibayar dan kapan cair.

Contoh:

1188 MINI MARKET memiliki tagihan senilai 30,878,568.81 dan sudah mengkonfirmasi pembayaran via Giro pada tanggal 21 Agustus 2023 ke Rekening Bank BRI. Namun Anda menerima pembayaran tersebut pada tanggal 22 Agustus 2023 saat selesai pencairan. Lakukan langkah pembayaran invoice seperti pada umumnya atau klik disini.

Lakukan langkah berikut ini untuk proses penyelesaian pembayaran:

Step 1. Buka menu Sales Step 2. Pilih Customer Payment.

Step 3. Cari nomor pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya via Giro dengan filter status Active dan Payment Giro. Contoh : PR-230800811 Step 4. Klik garis tiga (3) pada Action kemudian pilih Resolve.

Step 5. Pastikan tanggal pada Resolved Date sesuai dengan tanggal pencairan dana Giro yang Anda terima. Kemudian klik Save.

Selanjutnya, Customer Payment dapat dinyatakan telah di-resolved.

NOTE: Customer payment dapat dikatakan selesai apabila status pada nomor pembayaran atau Customer Payment yang sudah diresolved sudah berubah dari Active menjadi Completed.

FYI : Pada Customer Payment, terdapat beberapa status pembayaran yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Completed: Pembayaran telah lunas.

  • Active : Pembayaran telah diinput ke dalam sistem namun belum diselesaikan/konfirmasi. Biasanya hal ini dikarenakan butuh pengecekan pencairan seperti Giro, dll.

  • Pending : Pembayaran telah diinput melalui SFA dari menu Collection namun belum dikonfirmasi via web oleh admin.

  • Cancelled : Pembayaran telah dibatalkan.

Last updated