Mengenal dan Memahami DMS
Berikut ini adalah hal-hal yang Anda perlukan untuk menggunakan DMS pertama kali (getting started with DMS).
Langkah Pertama - Siapkan Data Anda
Jika Anda belum memiliki informasi-informasi berikut, Anda dapat melewati langkah ini pada saat melakukan pengaturan awal. Anda atau seseorang dengan wewenang "Owner" atau ""Superuser" dapat melengkapi data-data ini kemudian hari:
Siapkan nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, email, no.telp, dan akun bank perusahaan;
Siapkan Daftar Pegawai yang akan menggunakan DMS;
Siapkan Daftar Produk dan Daftar Pelanggan (untuk pengguna yang sudah memiliki pembukuan sebelum menggunakan DMS);
Siapkan Daftar Harga Jual Produk untuk produk yang memiliki daftar harga yang berbeda untuk setiap pelanggan;
Siapkan Daftar Gudang yang akan digunakan;
Siapkan Data Stok yang sudah ada.
Siapkan Daftar Kendaraan yang akan digunakan untuk pengantaran;
Siapkan Daftar Piutang dan Daftar Utang di periode sebelumnya yang belum lunas (jika ada);
Siapkan Jadwal Kunjungan Harian Salesman (jika ada).
Langkah Kedua - Daftar di DMS
Sistem DMS dapat diakses melalui browser Google Chrome (direkomendasikan).
Buka link ini https://my.simplidots.co.id/#/Account/Register untuk mendaftar akun DMS.
Ikuti cara mendaftar di sini.
Langkah Ketiga - Masukkan Master Data Anda
A. Tidak pernah memiliki pembukuan sebelumnya
Jika Anda belum pernah memiliki pembukuan untuk usaha Anda, Anda dapat memasukkan data secara manual dengan cara:
Lengkapi informasi perusahaan
Aktifkan fitur tambahan Accounting di Master Data> Configuration> Setting> centang Accounting Module> Install
Buat akun Kas & Bank yang digunakan di perusahaan Anda
Isi Saldo awal akun Kas & Bank pada Menu Daftar Akun
Catat transaksi piutang/utang yang masih outstanding
Masukkan Metode Pembayaran, Jangka Waktu Pembayaran, Division untuk mengelompokkan product per customer/salesman (jika ada).
Buka laporan neraca di tahun berjalan Anda menggunakan menu Intelligence> Account Report> Journal untuk memastikan saldo-saldo akun kas & bank telah sesuai.
B. Import Data - Sudah ada pembukuan sebelumnya
Jika menggunakan software lain, Anda dapat mengekspor data-data Anda (Dalam bentuk format excel). Kemudian, download template import DMS sesuai kebutuhan, dan sesuaikan dengan data yang ada dengan format DMS. Lalu lakukan impor ke DMS.
Lengkapi informasi perusahaan
Aktifkan fitur tambahan Accounting di Master Data> Configuration> Setting> checklist Accounting Module> Install.
Pindahkan daftar pegawai Anda dari file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Employee Master.
Pindahkan daftar produk Anda dari file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Product Master.
Pindahkan daftar harga jual produk dari file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Pricelist.
Pindahkan daftar pelanggan Anda dari file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Customer Master.
Pindahkan daftar stok produk dari file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Stock Transaction In atau melalui Purchase Invoice.
Pindahkan daftar rute harian file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Employee Route Plan.
Pindahkan daftar faktur penjualan Anda dari file Excel sebelumnya ke template default DMS dan upload ke Sales Invoice (jika ada).
Dengan demikian, Anda telah siap menggunakan DMS!
Last updated