Menambahkan Customer Payment

Untuk proses pembayaran customer terhadap Order, Anda dapat masuk ke bagian Sales>Customer Payment.

Pada halaman ini dibawah ini, silahkan klik button "+".

Pada halaman berikut, isi sesuai kolom yang tersedia:

  1. Customer: isi dengan nama Customer yang melakukan pembayaran tagihannya.

  2. Collector: Pilih nama penagih atau nama penerima langsung pembayaran tersebut.

  3. Account: Pilih akun dimana dana tersebut akan disimpan.

  4. Payment method: Pilih dengan jenis pembayaran yang dilakukan oleh customer.

  5. Bank Account: Diisi jika customer melakukan pembayaran dengan metode Bank Transfer.

  6. Klik button "Save" untuk memproses pembayaran menjadi LUNAS.

Pada kolom Current Amount, silahkan isi dengan total tagihan yang dibayarkan oleh customer.

Setelah menekan button "Save", maka pembayaran tersebut akan membentuk nomor PR (Payment Received) dan status "Completed" disertai dengan nominal yang dibayarkan pada bagian "Amount Received".

FYI : Pada Customer Payment, terdapat beberapa status pembayaran yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Completed: Pembayaran telah lunas.

  • Active : Pembayaran telah diinput ke dalam sistem namun belum diselesaikan/konfirmasi. Biasanya hal ini dikarenakan butuh pengecekan pencairan seperti Giro, dll.

  • Pending : Pembayaran telah diinput melalui SFA dari menu Collection namun belum dikonfirmasi via web oleh admin.

  • Cancelled : Pembayaran telah dibatalkan.

Last updated