Menambahkan Customer Payment
Last updated
Last updated
Untuk proses pembayaran customer terhadap invoice yang telah diterbitkan, Anda dapat mengikuti langkah berikut.
Step 1. Buka menu Sales > Customer Payment.
Step 2. Pada halaman ini dibawah ini, silahkan klik button "+".
Step 3. Lengkapi bagian yang perlu diisi sesuai field yang tersedia.
Pada halaman ini, terdapat field sebagai berikut.
Customer: isi dengan nama Customer yang melakukan pembayaran tagihannya.
Collector: Pilih nama penagih atau nama penerima langsung pembayaran tersebut.
Account: Pilih akun dimana dana tersebut akan disimpan.
Payment method: Pilih dengan jenis pembayaran yang dilakukan oleh customer.
Bank Account: Diisi jika customer melakukan pembayaran dengan metode Bank Transfer.
Date & Due Date : Ubah jika pembayaran dilakukan tidak sesuai dengan tanggal hari ini.
Return Amount : Jika terdapat retur aktif yang harus direfund terhadap customer tersebut, maka dapat digunakan untuk membayar tagihan.
Current Amount : Diisi sesuai dengan total tagihan yang dibayarkan oleh customer.
Down Payment : Jika terdapat uang muka yang tersimpan, maka akan otomatis membayar tagihan (jika ada).
Total Payment : Total pembayaran yang diterima setelah Return Amount + Current Amount + Down Payment.
Sales Return Applied : Isi jika tagihan ingin dibayar dari pengembalian retur (jika ada).
Isi nilai Discount dalam bentuk nominal (jika ada)
Pilih "Diskon Penjualan" pada kolom withholding (jika ada discount)
Klik button "Save" untuk memproses pembayaran menjadi LUNAS.
Setelah menekan button "Save", maka pembayaran tersebut akan membentuk nomor PR (Payment Received) dan status "Active atau Completed" disertai dengan nominal yang dibayarkan pada bagian "Amount Received".
FYI : Pada Customer Payment, terdapat beberapa status pembayaran yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.
Completed: Pembayaran telah lunas.
Active : Pembayaran telah diinput ke dalam sistem namun belum diselesaikan/konfirmasi. Biasanya hal ini dikarenakan butuh pengecekan pencairan seperti Giro, dll. Lakukan resolve payment agar status pembayaran berubah menjadi Completed.
Pending : Pembayaran telah diinput melalui SFA dari menu Collection namun belum dikonfirmasi via web oleh admin.
Cancelled : Pembayaran telah dibatalkan.