Melakukan Pembayaran Invoice Dengan Menggunakan Invoice Return

Membayarkan tagihan menggunakan Sales Return

Untuk melakukan pembayaran terhadap Sales Invoice yang masih Active, juga dapat dilakukan dengan menggunakan Invoice Retur. Berikut langkah yang dapat dilakukan:

Step 1. Kunjungi website DMS di https://my.simplidots.co.id/#/Account/Signin dan masuk dengan menggunakan Username beserta Password akun DMS Anda

Step 2. Selanjutnya pilih menu "Sales" > "Customer Payment"

Step 3. Pilih tanda plus "+" yang berada pada bagian kanan bawah halaman

Step 4. Masukkan detail informasi mengenai Customer yang diinginkan

  • Pilih nama toko/pelanggan di kolom "Customer"

  • Pilih nama kolektor di kolom "Collector"

  • Pilih "Account" untuk menerima pembayaran yang dilakukan

  • Serta tidak lupa untuk memilih metode pembayaran yang digunakan pada kolom "Payment Method"

  • Pilih nomer SR (Sales Invoice Return) yang diinginkan sebagai pembayar, dan klik button agar jumlah SR masuk ke kolom "Applied"

  • Pilih nomer AP (Sales Invoice) yang ingin dibayar dengan menggunakan SR yang telah dipilih sebelumnya, klik button agar jumlah SR masuk ke kolom "Applied"

Step 5. Pilih tombol "Save" untuk menyimpan jumlah yang telah dimasukkan

Jika pada bagian 'Unapplied Amount' telah menjadi Rp. 0.00 maka artinya keseluruhan jumlah yang terdapat pada invoice retur (SR) telah digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap invoice yang diinginkan

Berikut tampilan pada Customer Payment jika telah berhasil disimpan

FYI : Pada Customer Payment, terdapat beberapa status pembayaran yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Completed: Pembayaran telah lunas.

  • Active : Pembayaran telah diinput ke dalam sistem namun belum diselesaikan/konfirmasi. Biasanya hal ini dikarenakan butuh pengecekan pencairan seperti Giro, dll.

  • Pending : Pembayaran telah diinput melalui SFA dari menu Collection namun belum dikonfirmasi via web oleh admin.

  • Cancelled : Pembayaran telah dibatalkan.

Last updated