Knowledge Base DMS
  • Memulai dengan DMS (Distribution Management System)
  • Mengenal dan Memahami DMS
  • DMS (Distribution Management System)
    • Cara Daftar DMS
    • Cara Masuk dan Keluar DMS
    • Profile
      • Melihat Rincian Riwayat Aktivitas
      • Cara Mengubah Password
      • Tenants
      • Switch Tenant
      • Account Settings
        • Cara Mengubah Data Akun
        • Cara Menambah Akun
        • Cara Menghapus Akun
      • Subscription
      • Settings
        • Cara Mengubah Prefix atau Awalan Nomor Dokumen Transaksi
        • Cara Mengubah Data Perusahaan
        • Cara Mengubah Default Setting Pajak/PPN
        • Cara Mengubah Jenis Report Faktur Penjualan ( Sales Invoice Report)
      • Logout
    • Notifikasi
    • Dashboard
    • Master Data
      • Product
        • Product Master
          • Cara Mengubah Harga Beli (Cost Price) Produk
          • Cara Menambahkan Data Produk (Manual)
          • Cara Menambahkan Data Produk (Impor)
          • Export Data Produk
          • Cara Menentukan Product Focus
        • Product Category
        • Product Link
        • Pricelist
          • Menambahkan Price List Dengan Cara Import
          • Cara Menambahkan Price List (Manual)
          • Mencetak Price List
          • Menarik Data Price List Dengan Cara Export
        • Brand
        • Unit
        • Principal
      • Customer
        • Menambahkan Division
        • Customer Master
          • Memverifikasi Customer
          • Menambahkan Customer Secara Manual
          • Menambahkan Data Customer Dengan Cara Import
          • Cara Export Data Customer
        • Customer Group
        • Customer Stock
        • Channel
      • Supplier
        • Menambahkan Data Supplier Secara Manual
        • Menambahkan Data Supplier (Import)
      • Employee
        • Cara Mendaftarkan Nomor Device ID Tracking Agent ke Data Pegawai
        • Cara Mengubah Data Pegawai
        • Cara Menonaktifkan Pegawai (Employee)
        • Cara Menonaktifkan Fitur Cancel Terhadap Rolegroup Tertentu
        • Mengenal & Menambahkan RoleGroup
        • Melakukan Export Employee/Karyawan
        • Menambahkan Employee/Pegawai Secara Manual
        • Menambahkan Position
        • Menambahkan Data Karyawan (Import)
        • Cara Menambahkan Imei
      • Warehouse
        • Menambahkan Warehouse Master
        • Menambahkan Warehouse Type
      • Finance
        • Mengubah Tax
        • Menambahkan Tax
        • Menambahkan Payment Term
        • Menambahkan Payment Method
        • Menambahkan Currency Conversion
        • Menambahkan Currency Master
        • Membuat Closing Entries
        • Menambahkan Bank Account
      • Accounting - Chart of Account
      • Fleet/Kendaraan
      • Default Setting
        • Cara Mengganti Judul Faktur di SFA
        • Cara Mengganti Nama Promo di Faktur SFA
        • Proteksi Penggunaan Fake GPS
        • Batasan Jarak Check-in Customer
        • Cara Mengatur Jumlah Salinan Faktur Khusus Printer SFA
      • Tracking
        • Menambahkan "Route All Customer"
        • Menambahkan Rute Harian Salesman (Daily Route)
        • Menambahkan Rute Mingguan Salesman (Weekly Route)
        • Menambahkan Employee Route Plan
        • Cara Menambahkan Rute Melalui Import
        • Cara Mengubah Rute Harian Salesman (Daily Route)
        • Cara Mengubah Rute Mingguan Salesman (Weekly Route)
        • Cara Mengubah Employee Route Plan
        • Cara Menghapus Rute Harian Salesman (Daily Route)
        • Cara Menghapus Rute Mingguan Salesman (Weekly Route)
        • Cara Menghapus Employee Route Plan
      • Configuration
        • Setting
          • Cara Mengaktifkan Fitur Accounting
        • Over Limit Resolution
          • Cara Mengaktifkan Block Limit Invoice Pelanggan
          • Cara Mengaktifkan Block pada Limit Pelanggan
          • Cara Mengaktifkan Block Piutang Pelanggan
    • Sales
      • Order
        • Orders
          • Cara Menghapus Sales Order
          • Cara Mengubah Promo menjadi Diskon Manual pada Sales Order
          • Melakukan Generate Delivery Partial (Sebagian)
          • Memahami Menu Daftar Sales Order
          • Cara Mengubah Sales Order
          • Cara Membatalkan Sales Order
          • Menambahkan Order/Pesanan
          • Melakukan Order Verification
          • Melakukan Generates Deliveries
          • Melakukan Generate Invoices
          • Cara Membuat Pesanan Nanti (BackOrders)
          • Cara Export Sales Order
        • Return
          • Cara Membuat Order Return
          • Melakukan Retur Atas Barang yang Delivered
          • Melakukan Pembayaran Melalui Sales Return
          • Cara Membatalkan Order Retur (OR)
      • Delivery
        • Delivery Summary
          • Cara Konfirmasi Delivery Summary Jika Terdapat Promo pada Delivery Order (DO)
          • Cara Konfirmasi Delivery Summary (DS) Dengan Beberapa Delivery Order (DO)
          • Cara Konfirmasi Delivery Summary (DS) Dengan Satu Delivery Order (DO)
          • Cara Membatalkan Delivery Summary
          • Membuat Delivery Summary
        • Delivery Order
          • Cara Membatalkan Delivery Order
          • Membuat Delivery Order
        • Delivery Return
          • Cara Membatalkan Delivery Return
          • Memahami Delivery Order Return
        • Approve
          • Menyetujui Delivery Order
      • Invoice
        • Cara Menambahkan Faktur Penjualan/Sales Invoices (Import)
        • Memahami Menu Sales Invoices
        • Cara Membuat Sales Invoice Collection
        • Cara Melakukan Pembayaran Melalui Sales Invoice Collection
        • Cara Update Payment Melalui Sales Invoice Collection - No Payment
        • Cara Melakukan Pembayaran
        • Membuat Invoice Receipt
        • Cara Membatalkan Faktur Penjualan (Sales Invoice)
      • Rekap Delivery & Invoice
      • Customer Payment
        • Memahami Payment dengan Note "Merged"
        • Menambahkan Customer Payment
        • Melakukan Pembayaran Invoice Dengan Menggunakan Invoice Return
        • Cara Membatalkan Pembayaran yang Diterima (Payment Received)
        • Cara Resolve Customer Payment
      • Down Payment
      • Promo Scheme
        • Penjelasan Field Skema Promo
        • Menambahkan Skema Promo Secara Manual
        • Menambahkan Skema Promo Dengan Cara Import
        • Melakukan Export Promo
      • E-Faktur
        • Cara Download E-Faktur Format XML
        • Cara Membuat E-Faktur - Coretax
        • Persiapan Membuat E-Faktur
        • Cara Membuat E-Faktur
        • Cara Membatalkan E-Faktur
      • Sales Target
    • Purchase
      • Purchase Order
        • Cara Membuat PO (Purchase Order)
        • Cara Membatalkan Purchase Order (PO) yang Telah Diproses ke PD dan PI
      • Purchase Delivery
        • Cara Memproses PD (Purchase Delivery) - Partially Delivered
        • Cara Memproses PD (Purchase Delivery) - Fully Delivered
        • Cara Membatalkan Purchase Delivery (Cancel PD)
      • Purchase Invoice
        • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
        • Cara Membatalkan Purchase Invoice
        • Cara Menambahkan Faktur Pembelian/Purchase Invoice (Import)
      • Purchase Return
        • Cara Membuat Purchase Return
        • Cara Melakukan Refund Dari Supplier
      • Supplier Payment
        • Cara Melakukan Pembayaran Tagihan Melalui dari Retur
        • Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier
        • Cara Membatalkan Pembayaran ke Supplier
        • Cara Resolve Supplier Payment
    • Stock
      • Stocklist
      • Stock Transaction In (Manual)
      • Stock Transaction In (Import)
      • Stock Transaction Out (Manual)
      • Stock Transaction Out (Import)
      • Stock Transfer
      • Stock Adjustment
      • Memahami Stock Movement
    • Tracking
      • Memahami Penggunaan Menu Live Tracking
      • Route Maps
      • Daily Visit
      • Daily Visit Map
    • Accounting
      • General Jurnal
      • Expense
      • Bank Withdrawal
      • Bank Deposit
      • Bank Transfer
      • Asset
      • Depreciation
      • Opening Balance
        • Cara Mengaktifkan Fitur Saldo Awal
        • Cara Menginput Saldo Awal
        • Cara Menginput Saldo Awal Hutang
    • Intelligence
      • BI (Business Intelligence)
        • Account Report
          • Account Receivable
          • A/R by Customer (Account Receivable by Customer)
          • A/R List (Account Receivable List)
          • A/R Payment (Account Receivable Payment)
          • A/R Overdue (Account Receivable Overdue Analysis)
          • A/R Aging (Account Receivable Aging)
          • A/R Analysis (Account Receivable Analysis)
          • Account Payable
          • A/P List (Account Payable List)
          • A/P Aging (Account Payable Aging)
          • A/R vs A/P (Account Receivable vs Account Payable)
        • Purchase Report
          • Supplier Analysis
          • Brand Analysis
          • Product Analysis
          • Purchase by Supplier (List)
          • Purchase by Brand and Product (List)
          • Purchase Details by Supplier (List)
        • Stock Report
          • Stock Movement
          • Stock Transfer
          • Stock Adjustment
          • Stock Card
        • Sales Report
          • Salesperson Performance
          • Customer Performance
          • Product Sales
          • Customer Performance by Product Sales
          • Product Sales by Brand
          • Sales by Customer (Qty)
          • Monthly Order by Customer (Qty)
          • Sales by Customer (Amount)
          • Sales by Geography
          • Sales Return by Customer
          • Sales Transactions
          • Sales Promo by Product
          • Sales Promo by Scheme
          • Net Sales By Customer
          • Sales Target
        • Sales Report II
          • Salesperson Performance
          • Customer Analysis
          • Product Analysis
          • Sales Heatmap
          • A/R Overdue
          • Sales Projection
          • Customer Mapping
          • Customer Dormancy
          • Daily Visit
          • Daily Visit (List)
          • Daily Visit (List II)
          • Customers of Monthly Visit
          • EC & Salesman Exclusive
          • Invoice by Supplier
        • User Activity Report
        • Cara Export Excel Data BI
      • Awaiting Delivery
      • Sales Invoice History
      • Sales Order Transaction
      • Product Volume
      • Accounting Report
        • Neraca
        • Laba Rugi
        • Buku Besar
        • Journal
      • Account Receivable
        • AR
        • AR Balance
        • AR By Salesman
        • AR By Customer
        • AR Paid by Resolved Date
        • AR Paid by Collector
        • AR Paid within 45 Days
        • AR Paid
      • Customer Payable
      • Customer Bill Card
  • SFA (Sales Force Automation)
    • Cara Log In & Log Out Aplikasi SFA
    • Memahami Menu Dashboard
    • Memahami Menu Home
      • Order
        • Menghapus Sales Order
        • Membuat Pesanan/Order Melalui Menu Orders
        • Membuat Pesanan Retur Melalui Orders
        • Melihat Daftar Pesanan
      • Geo Tag
        • Menambah Customer Melalui Geo Tagging
        • Cara Geo Tagging Lokasi Customer
      • Customer
        • Menambah Customer Melalui Menu Customers
        • Melakukan Kunjungan; Check-in & Check-out
        • Membuat Pesanan/Order Melalui Menu Customers
        • Mencatat Customer Stok
      • Memahami Tombol Synchronize
      • Melalukan Pengantaran Melalui SFA
      • Melakukan Penagihan melalui SFA pada menu Collection
      • Melihat Daftar Product
      • Memahami Sales Target
      • Memahami Menu Promo
    • Memahami Menu Profile
      • Clear Transaction dan Clear All Data
        • Cara Menghapus Transaksi (Clear Transaction)
        • Cara Menghapus Semua Data (Clear All Data)
  • SimpliDOTS Tracker
  • SimpliDOTS Monitoring/Supervision
    • Cara Login Aplikasi Monitoring/Supervision
    • Dashboard
    • Home
      • Memahami Menu Sales
      • Memahami Menu Tracking
      • Memahami Menu Stock
      • Memahami Menu Customer Debt
      • Memahami Daily Visit
      • Memahami Delivery Movement
      • Memahami Collections
      • Memahami Invoices History
      • Memahami Sales Target
    • Profile
    • Cara Logout Aplikasi Monitoring/Supervision
  • SimpliDOTS Retail
    • Cara Mendaftarkan Aplikasi Retail
      • Daftar Retail Melalui Link Invite New Customer
      • Daftar Retail Melalui Kode Referal
      • Daftar Retail Melalui Account Settings
    • Cara Melakukan Order Melalui Aplikasi Retail
      • Cara Melihat Riwayat Pesanan Melalui Aplikasi Retail
    • Cara Melakukan Pembayaran Melalui Aplikasi Retail
      • Cara Melihat Riwayat Pembayaran Melalui Aplikasi Retail
    • Cara Mengubah Password Aplikasi Retail
  • Printer
  • For Your Information
    • Glossarium
      • Glossarium Alphabetical
      • Glossarium by Page
  • SMART PORTAL
    • Smart Portal
      • Smart Portal - Principal
        • Cara Login ke Smart Portal - Principal
        • Cara Logout dari Smart Portal - Principal
        • Cara Membuat Koneksi (Connection) Smart Portal - Principal
        • Cara Sinkronisasi Smart Portal - Principal
        • Cara Memutuskan Koneksi (Disconnect) Smart Portal - Principal
        • Memahami Report Smart Portal - Principal
          • 📊 Sales Order Report
      • Smart Portal - Distributor
        • Cara Login ke Smart Portal - Distributor
        • Cara Logout dari Smart Portal - Distributor
        • Cara Integrasi dengan DMS, SAP, atau External
        • Cara Koneksi dengan Principal
        • Cara Impor File ke Smart Portal
        • Cara Membuat Model Template
  • portal
    • Portal
      • Cara Login ke Portal SimpliDOTS
      • Cara Logout dari Portal
      • Mengenal Dashboard Portal
      • Cara Menambah Produk secara Manual
      • Cara Menambah Produk secara Impor
      • Cara Menambah Skema Promo secara Manual
      • Cara Menambah Skema Promo secara Impor
Powered by GitBook
On this page
  • Proses Order Return (OR)
  • Proses Verifikasi Order Retur (OR)
  • Proses Delivery Retur (DR) dan Sales Retur (SR)

Was this helpful?

  1. DMS (Distribution Management System)
  2. Sales
  3. Order
  4. Return

Cara Membuat Order Return

Untuk mengembalikan pesanan namun pesanan tersebut berasal dari beberapa faktur penjualan sebelumnya dan ingin digabung menjadi satu retur pesanan, silakan ikuti langkah - langkah berikut ini:

PreviousReturnNextMelakukan Retur Atas Barang yang Delivered

Last updated 1 year ago

Was this helpful?

Proses Order Return (OR)

Step 1. Buka menu Sales.

Step 2. Pilih menu Order.

Step 3. Pilih menu Return.

Step 4. Pilih icon + pada pojok kanan bawah.

Retur pesanan ini tidak memiliki nomor referensi otomatis dari transaksi sebelumnya, sehingga Anda harus mengisi nomor referensi secara manual untuk mengetahui dari mana berasal pesanan retur ini sebelumnya.

Step 5. Isi data pesanan retur sesuai kolom yang tersedia.

Ketika Anda mengisi data pesanan return, ada data yang secara otomatis terisi apabila Anda memilih data berikut:

  1. Customer --> Data customer otomatis akan mengisi data Address (alamat lengkap pelanggan), Salesperson (salesman yang ditentukan untuk pelanggan tersebut) , Warehouse (gudang tempat salesman mengambil stok produk), Shipping (nama tempat pengantaran pesanan), Shipping Address (alamat pengantaran pesanan), Payment Term (jenis tempo pembayaran), Due Date (tanggal jatuh tempo), dan Pricelist (daftar harga).

  2. Product --> Data product otomatis akan mengisi data Price (harga), Tax (pajak), dan apabila telah ditentukan khusus promo, maka promo akan otomatis ter-applied pada kolom Discount (%). Selain itu, ada beberapa hal juga berkaitan dengan produk yang otomatis ter-applied seperti : Product Link (embalase) dan Promo Bonus Produk. Hal ini dikarenakan, setiap master data customer (pelanggan) dan product (produk) telah disediakan data berkaitan agar salesman maupun admin tidak perlu mengisi secara manual ketika ingin membuat pesanan.

Note:

Product Link (Embalase) : Jenis produk memiliki keterkaitan atau hubungan dengan produk lain. Produk ini akan otomatis ikut terjual apabila produk utama (product parent) dibeli oleh pelanggan. Contoh produk link seperti produk embalase berikut: "Air Galon x Galon Kosong" Ketika pelanggan memesan Air Galon, maka otomatis pelanggan akan mendapatkan Galon Kosong. Air Galon dan Galon Kosong memiliki harga masing-masing. Namun, pelanggan hanya akan dikenakan biaya Air Galon saja dan Galon Kosong harus dikembalikan kembali atau hanya bersifat pinjaman.

Pada saat membuat pesanan retur, pastikan nomor Reference No. diisi sesuai nomor transaksi penjualan sebelumnya agar user tidak kesulitan mencari darimana transaksi retur tersebut berasal sebelumnya.

Step 6. Pilih Save atau Save & New atau Save & Verify.

Note :

  • Customer: pelanggan

  • Address : alamat pelanggan

  • Sales Person: nama salesman

  • Warehouse : nama gudang yang berkaitan dengan salesman sebagai tempat pengembalian produk retur.

  • Shipping : nama pengantaran retur pelanggan

  • Shipping Address : alamat pengantaran retur pelanggan

  • Payment Term: jenis tempo pembayaran

  • Due Date: tanggal jatuh tempo

  • Pricelist: jenis harga yang ditentukan ke pelanggan

  • Date: tanggal pesanan retur

  • Order No : Nomor pesanan retur yang otomatis akan diisi oleh sistem setelah tersimpan.

  • Reference No : nomor referensi transaksi sebelumnya yang berkaitan dengan pesanan retur yang akan dibuat.

  • Product : kode produk

  • Name : nama produk

    *tanda seru (!) pada produk adalah data jumlah stock dan harga terakhir yang terjual ke pelanggan tersebut. *tanda note pada produk adalah catatan khusus yang diberikan terhadap produk tersebut dalam transaksi pesanan retur.

  • Price/Unit : harga per unit kuantitas terkecil produk.

  • Quantity : kuantitas yang ingin diisi sesuai konversi unit L, M, S (Large/Besar, Medium/Sedang, Small/Kecil).

  • Discount : diskon yang dikenakan ke produk tersebut berdasarkan persentase (%) yang diisi manual oleh admin atau otomatis dari promo.

  • Tax: pilihan mengenai pengenaan pajak. Biasanya terdiri dari PPN dan NoPPN.

  • Line Total : total seluruh pesanan sebelum dikenakan pajak (price/unit x quantity - discount)

  • Disable Promo Calculation : menonaktifkan promo yang otomatis ter-applied.

  • Disable Conversion : menonaktifkan konversi unit produk.

  • Notes: catatan keseluruhan terhadap pesanan retur.

  • Sub total: total seluruh pesanan sebelum dikenakan pajak (price/unit x quantity).

  • % dan Rp : diskon keseluruhan item produk berdasarkan persentase (%) maupun nilai amount (Rp).

  • Tax Total : nilai pajak yang dikenakan.

  • Total : Total akhir keseluruhan pesanan (Sub Total - discount % dan Rp + Tax Total). Ada tiga pilihan dalam menyimpan pesanan retur yang masing-masing akan mempengaruhi status dari pesanan retur ini yaitu Save, Save & New dan Save & Verify. - Save : simpan jika pesanan hanya ingin dibuat dengan status Draft terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan masih ada kemungkinan revisi atau perlu approval/persetujuan dari user lain terhadap pesanan retur tersebut. Contoh: Biasanya salesman membuat pesanan retur lewat aplikasi SFA sebagai bentuk draft dan akan diverifikasi oleh admin di web-backoffice. - Save & New : simpan jika ingin melanjutkan membuat pesanan retur yang lainnya dengan tetap berada di halaman membuat pesanan retur namun yang sebelumnya tetap tersimpan.

    - Save & Verify : simpan jika ingin sekaligus memverifikasi pesanan agar tidak dapat diubah lagi oleh salesman via aplikasi SFA. Hal ini juga mempercepat pengembalian stok retur secara sistem karena hanya pesanan retur yang berstatus Verified yang dapat diproses ke surat jalan retur a.k.a DR (Delivery Retur) dan faktur retur a.k.a SR (Sales Return).

Jika pesanan telah tersimpan maka akan muncul tampilan berikut ini.

Contoh : Berdasarkan gambar di atas, terdapat pesanan retur yang telah dibuat dengan status draft. Pelanggan Mini Market yang beralamat Jl. Prof.Hamka, No.53, Medan Estate, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memiliki pesanan retur kepada salesman Anju agar barang retur diambil di alamat yang sama. Pesanan retur ini dibuat pada tanggal 05 Juli 2023 memiliki tenggat waktu jatuh tempo COD (Cash on Delivery) di hari yang sama. Adapun jenis harga yang dari produk yang dikembalikan adalah Harga Luar Kota. Pesanan ini berdasarkan referensi penjualan dari SO-230700001/SI-230700001. Adapun produk yang dikembalikan tersebut adalah Air Mineral 1500ml dengan kode NP-001 sebanyak 1 Karton dengan harga 7.000/pcs sehingga total yang diretur adalah 700.000,00 karena 1 Karton = 100 pcs. Pesanan ini juga dikenakan biaya pajak 11% senilai 77.000,00 sehingga total pesanan retur menjadi 777.000,00.

Note:

  1. Pesanan retur akan ditandai dengan nomor transaksi prefix OR- dan diikuti oleh 2 angka terakhir dari tahun berjalan, bulan berjalan dan nomor urut transaksi. Contoh : OR - 230700001 (pesanan retur yang dibuat pada tahun 2023, bulan Juli, transaksi nomor satu)

  2. Pesanan retur yang berstatus draft masih dapat di-delete/hapus dan di-cancel/dibatalkan.

  3. Dalam hal ini, pelanggan bisa meminta uang kembali, memotong tagihan lain atau mengganti dengan produk lain. - Jika yang diinginkan adalah uang kembali, maka admin harus memproses pembayaran melalui faktur retur. - Jika yang diinginkan adalah memotong tagihan aktif yang belum dibayar, maka admin harus membuat pembayaran tagihan melalui retur. - jika yang diinginkan adalah tukar barang lain, maka bisa dibuat pesanan baru.

Proses Verifikasi Order Retur (OR)

Pesanan yang sudah dibuat dengan status draft harus dilakukan verifikasi agar dapat dilanjutkan ke proses berikutnya. Berikut cara melakukan verifikasi OR.

Step 7. Centang nomor OR yang diinginkan.

Step 8. Pilih tanda Action garis 3 pada nomor OR.

Step 9. Kemudian pilih Edit.

Step 10. Pilih Save & Verify.

Setelah dilakukan Save & Verify, maka pesanan akan berubah status dari Draft menjadi Verified.

Proses Delivery Retur (DR) dan Sales Retur (SR)

Pesanan yang telah berstatus Verified, selanjutnya dapat diteruskan ke DR dan SR. Dalam hal ini stok produk yang diretur dapat dikatakan masuk ke sistem sesuai nama gudang yang dipilih.

Ada 2 cara melakukan approve agar dapat memproses DR dan SR adalah sebagai berikut:

Cara 1:

  1. Centang nomor OR yang diinginkan.

  2. Pilih Approve.

Cara 2:

  1. Pilih nomor OR yang diinginkan.

  2. Pilih tanda Action.

  3. Pilih Approve

Step 11. Setelah pilih Approve, tentukan data seperti Driver, Fleet, Warehouse, dan Date.

Note:

  • Driver: nama supir yang membawa barang pesanan retur ke gudang.

  • Fleet : nama kendaraan yang digunakan.

  • Warehouse: nama gudang tujuan produk yang diretur/dikembalikan.

  • Date : tanggal barang masuk ke gudang.

Step 12. Pilih Save.

Selanjutnya, pesanan retur telah selesai diproses hingga DR dan SR dan status sudah berubah dari Verified --> Fully Invoice.

Contoh: Berdasarkan gambar 1 dan 2 di atas, OR-230700001 telah memiliki surat jalan retur atau Delivery Retur (DR) dengan nomor DR-230700005 yang telah berstatus delivered serta telah diterima oleh gudang dan telah memiliki faktur retur atau Sales Retur (SR) dengan nomor SR-230700001 yang berstatus active atau masih belum dibayar ke pelanggan.

Anda dapat melakukan pembayaran refund atau pengembalian uang kembali ke pelanggan dengan cara berikut:

Atau, jika Anda dapat melakukan pembayaran tagihan lainnya melalui potong retur dengan cara berikut:

Melakukan Pembayaran Melalui Sales Return
Melakukan Pembayaran Invoice Dengan Menggunakan Invoice Return
Gambar 1. Tampilan retur telah memiliki DR
Gambar 2. Tampilan retur telah memiliki SR