Cara Menambahkan Faktur Penjualan/Sales Invoices (Import)

Jika Anda telah memiliki daftar faktur penjualan dari pencatatan sebelumnya yang ingin ditampilkan pada Backoffice DMS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

Step 1. Silakan pilih menu Sales

Step 2. Kemudian pilih Invoice

Step 3. Pilih Invoices

Step 4. Klik Import Excel

Step 5. Silakan unduh template import dengan cara klik Template

NOTE:

Step 6. Buka file template yang sudah berhasil terunduh dan isi masing-masing kolom (e.g Reference No, Order Date, Warehouse Name, Salesman Code, Customer Code, Invoice Type, Product Code, Price, Total Quantity, Discount Item Percentage, Discount Item Amount, Tax Percentage, Discount Order Percentage, Discount Order Amount, Total) sesuai data faktur penjualan yang akan diimport.

Note:

Case 1. Jika faktur penjualan terdiri dari 1 produk.

Faktur hanya berisi 1 produk, akan diwakilkan dengan 1 nomor referensi dalam 1 baris (row). Contoh : Faktur dengan nomor referensi (Ref-SI0046083) hanya ada 1 row dengan 1 produk (P-00001). Hal ini juga berlaku pada Return.

Case 2. Jika faktur penjualan terdiri lebih dari 1 produk.

Faktur yang berisi lebih dari 1 produk, harus diinput sebanyak jumlah produk yang ada pada faktur tersebut. Contoh : Faktur dengan nomor (Ref-SI0046083) diinput 3 kali dengan 3 baris berbeda sesuai dengan jumlah 3 produk berbeda (P-00001, P-00002 dan P-00003). Hal ini juga berlaku pada Return.

Step 7. Pilih Choose File untuk memilih template yang sudah diisi sebelumnya.

Step 8. Pilih File Template yang akan diimport. Lalu pilih Upload.

Data sudah berhasil ter-imported jika muncul pop up message berikut

Jika hanya ingin menambahkan piutang saja tanpa perlu mengetahui berasal dari produk apa faktur tersebut, Anda tidak perlu mengisi kolom produk hingga discount order amount atau cukup hanya isi kolom wajib yang ber-highlight kuning dan total saja.

Selamat mencoba, Kawan Simpli :)

Last updated