Menambah Customer Melalui Geo Tagging

Anda dapat melakukan penambahan customer baru beserta informasi lengkap mengenai customer

Berikut langkah-langkah untuk menambah Customer melalui SFA pada menu Geo Tagging

Step 1: Pastikan Anda sudah login terlebih dahulu ke aplikasi SFA dengan menggunakan Username dan Password yang sebelumnya sudah didaftarkan. Aplikasi SFA dapat didownload lewat link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.simplidots.sfa

Step 2. Pilih menu "Geo Tagging" > tanda tambah "+" yang berada pada bagian kanan bawah halaman

Step 3. Pilih "Select" untuk masuk ke halaman pengisian data lengkap customer baru

Untuk memusatkan posisi terkini Anda di peta, tekan icon seperti sasaran tembak yang berada pada bagian kanan atas halaman

Icon biru dengan tanda tambah "+" diatasnya merupakan lokasi tempat Anda berada saat ini

Step 4. Lakukan pengisian detail info mengenai toko dan owner

  • Masukkan nama toko pada kolom "Name". Nama toko merupakan informasi yang wajib dimasukkan, dimana terdapat keterangan "Required"

  • Masukkan kode toko/kode pelanggan pada kolom "Code" jika Anda memiliki kode khusus yang telah ditetapkan untuk customer. Jika Anda belum memiliki kode khusus untuk setiap toko, maka kolom ini dapat dikosongkan dan nanti sistem akan membantu untuk memberikan kode secara otomatis terhadap toko-toko baru yang didaftarkan

  • Masukkan nomer HP toko ataupun nomer HP yang bisa dihubungi yang digunakan untuk berinteraksi dengan owner ataupun petugas toko

  • Masukkan kategori toko pada kolom "Channel". Kategori yang dimaksud biasanya sesuai dengan ukuran ataupun segmentasi toko, contoh: grosir, apotik, retail, mini market, dll.

  • Masukkan pilihan daftar harga yang diberikan ke pada toko tersebut pada kolom "Price List", misalnya: harga grosir, harga pelanggan baru, dll. Pengaturan mengenai price list/daftar harga yang tersedia di aplikasi diinput dari web oleh Admin. Biasanya akan terdapat 1 daftar harga tetap yang diterapkan pada semua toko dan otomatis sudah mengisi kolom Price List

  • Masukkan batas piutang customer pada kolom "Limit"

  • Jika toko/pelanggan tersebut dikenakan pajak untuk produk yang dipesannya, maka centang kotak "Taxable" pada bagian Tax

  • Pada bagian Type, terdapat 2 jenis toko yaitu "Billing" & "Shipping". Centang pada bagian "Billing" jika toko tersebut merupakan toko tempat dilakukan pembayaran saja. Centang pada bagian "Shipping" jika toko tersebut merupakan toko tempat dilakukan pengantaran barang saja.

Anda tidak perlu mencentang "Billing" ataupun "Shipping" jika toko tersebut merupakan tempat pembayaran sekaligus pengantaran barang

  • Masukkan informasi mengenai pemilik toko pada kolom "Owner Info". Mulai dari nama pemilik toko pada kolom "Owner Name", alamat pemilik toko pada kolom "Owner Adress", nomer induk kependudukan (NIK) jika dibutuhkan, nomer kartu keluarga (KK) jika dibutuhkan, nomer wajib pajak (NPWP) jika dibutuhkkan

  • Selanjutnya terdapat 2 pilihan mengenai pengisian alamat toko, "Manual Address" dan "Recommended Address"

Manual Address: pilih manual adress jika Anda ingin memasukkan alamat toko secara manual. Anda perlu melakukan pengisian satu persatu (manual) mulai dari propinsi hingga alamat lengkap toko

Recomended Adress: pilih recomended adress jika Anda ingin agar alamat toko diisi sesuai dengan rekomendasi dari aplikasi

Note: Anda dapat melakukan penambahan detail alamat pada kolom Address jika masih kurang lengkap setelah direkomendasikan oleh aplikasi, serta juga dapat memasukkan catatan pada kolom "Notes" mengenai hal-hal yang dirasa penting

Step 5. Pilih tombol "Save" menyimpan semua data customer baru yang telah dimasukkan

Step 6. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk melakukan konfirmasi terhadap customer baru yang akan disimpan. Pilih "Save" jika benar customer tersebut ingin ditambahkan

Step 7. Jika penyimpanan dan pengiriman customer baru ke web sukses dilakukan, maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut. Pilih "OK" untuk melanjutkan aktifitas Anda di aplikasi

Last updated