Menambah Customer Melalui Menu Customers
Anda dapat melakukan penambahan customer baru beserta informasi lengkap mengenai customer
Last updated
Anda dapat melakukan penambahan customer baru beserta informasi lengkap mengenai customer
Last updated
Berikut langkah-langkah untuk menambah Customer melalui SFA pada menu Geo Tagging
Step 1: Pastikan Anda sudah login terlebih dahulu ke aplikasi SFA dengan menggunakan Username dan Password yang sebelumnya sudah didaftarkan. Aplikasi SFA dapat didownload lewat link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.simplidots.sfa
Step 2. Pada bagian Home , pilih menu "Customers"
Step 3. Pilih tombol tambah "+" yang berada pada bagian kanan bawah halaman
Step 5. Tentukan titik koordinat lokasi toko pada peta kemudian pilih Select.
Step 6. Lakukan pengisian detail info mengenai toko dan owner
Masukkan nama toko pada kolom "Name". Nama toko merupakan informasi yang wajib dimasukkan, dimana terdapat keterangan "Required"
Masukkan kode toko/kode pelanggan pada kolom "Code" jika Anda memiliki kode khusus yang telah ditetapkan untuk customer. Jika Anda belum memiliki kode khusus untuk setiap toko, maka kolom ini dapat dikosongkan dan nanti sistem akan membantu untuk memberikan kode secara otomatis terhadap toko-toko baru yang didaftarkan
Masukkan nomer HP toko ataupun nomer HP yang bisa dihubungi yang digunakan untuk berinteraksi dengan owner ataupun petugas toko
Masukkan kategori toko pada kolom "Channel". Kategori yang dimaksud biasanya sesuai dengan ukuran ataupun segmentasi toko, contoh: grosir, apotik, retail, mini market, dll.
Masukkan pilihan daftar harga yang diberikan ke pada toko tersebut pada kolom "Price List", misalnya: harga grosir, harga pelanggan baru, dll. Pengaturan mengenai price list/daftar harga yang tersedia di aplikasi diinput dari web oleh Admin. Biasanya akan terdapat 1 daftar harga tetap yang diterapkan pada semua toko dan otomatis sudah mengisi kolom Price List
Masukkan batas piutang customer pada kolom "Limit"
Jika toko/pelanggan tersebut dikenakan pajak untuk produk yang dipesannya, maka centang kotak "Taxable" pada bagian Tax
Pada bagian Type, terdapat 2 jenis toko yaitu "Billing" & "Shipping". Centang pada bagian "Billing" jika toko tersebut merupakan toko tempat dilakukan pembayaran saja. Centang pada bagian "Shipping" jika toko tersebut merupakan toko tempat dilakukan pengantaran barang saja.
Anda tidak perlu mencentang "Billing" ataupun "Shipping" jika toko tersebut merupakan tempat pembayaran sekaligus pengantaran barang
Masukkan informasi mengenai pemilik toko pada kolom "Owner Info". Mulai dari nama pemilik toko pada kolom "Owner Name", alamat pemilik toko pada kolom "Owner Adress", nomer induk kependudukan (NIK) jika dibutuhkan, nomer kartu keluarga (KK) jika dibutuhkan, nomer wajib pajak (NPWP) jika dibutuhkkan
Selanjutnya terdapat 2 pilihan mengenai pengisian alamat toko, "Manual Address" dan "Recommended Addres
Manual Address: pilih manual adress jika Anda ingin memasukkan alamat toko secara manual. Anda perlu melakukan pengisian satu persatu (manual) mulai dari propinsi hingga alamat lengkap toko
Recomended Adress: pilih recomended adress jika Anda ingin agar alamat toko diisi sesuai dengan rekomendasi dari aplikasi
Note: Anda dapat melakukan penambahan detail alamat pada kolom Address jika masih kurang lengkap setelah direkomendasikan oleh aplikasi, serta juga dapat memasukkan catatan pada kolom "Notes" mengenai hal-hal yang dirasa penting
Step 7. Pilih tombol "Save" menyimpan semua data customer baru yang telah dimasukkan
Step 8. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk melakukan konfirmasi terhadap customer baru yang akan disimpan. Pilih "Save" jika benar customer tersebut ingin ditambahkan
Step 9. Jika penyimpanan dan pengiriman customer baru ke web sukses dilakukan, maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut. Pilih "OK" untuk melanjutkan aktifitas Anda di aplikasi
Berikut tampilan jika toko berhasil ditambahkan. Untuk toko ini belum memilik nomer kode customer. Agar selanjutnya muncul kode customer, maka dapat dilakukan 'Sinkronisasi Transaksi'
Jika sudah berhasil melakukan sinkronisasi, maka akan muncul kode customer.