Penjelasan Field Skema Promo

Saat Anda ingin melakukan pembuatan skema promo, ada beberapa fields yang perlu diketahui baik berdasarkan manual maupun import sebagai berikut.

Ada 3 bagian dalam Promo Scheme yang wajib diisi yaitu Scheme, Criteria, dan Bonus.

1. Promo Scheme

  • *Name : nama program skema promo yang ingin diterapkan untuk penjualan ke pelanggan. Nama promo ini akan tampil di menu Promo SFA salesman, Sales Order, dan Invoice. Contoh; Promo Beli 10 Air Galon Gratis 1 Air Galon.

  • *Scheme Type: tipe skema promo yang akan dibuat. Terdiri dari 2 tipe yaitu Quantity dan Amount. - Quantity: jika syarat promo berlaku hanya untuk pembelian berdasarkan kuantitas unit produk. Contoh; Beli 5 Galon. - Amount: jika syarat promo berlaku hanya untuk pembelian berdasarkan nilai total pesanan. Contoh; Beli Rp 1.000.000,-

  • Unit: hanya berlaku jika Scheme Type adalah Quantity. Unit ini berfungsi untuk menentukan jenis unit apa yang berlaku untuk skema promo. Contoh: GLN (Galon).

  • Supplier: jika kuota promo dikhususkan hanya dari supplier tertentu, maka promo yang berlaku hanya dari stok yang dibeli dari supplier tersebut.

  • SchemeNo: nomor skema promo akan tampil setelah promo berhasil tersimpan.

  • *Date From: tanggal promo mulai berlaku.

  • *Date To: tanggal promo akan berakhir.

  • *Employee: penentuan pegawai/salesman yang dapat menjual promo ini. NB: Pegawai/salesman boleh lebih dari satu orang.

  • *Amount Quota: jika bonus promo dalam bentuk potongan harga, maka kuota bonus yang disediakan juga harus dalam bentuk nilai uang. Contoh: Rp 60.000.000,-

  • *Quantity Quota: jika bonus promo dalam bentuk potongan jumlah produk, maka kuota bonus yang disediakan juga harus dalam bentuk kuantitas. Contoh: 1000 Galon.

  • Used: jumlah kuota yang telah terpakai.

  • Remaining: sisa kuota yang tersedia.

  • Is Using Quota Based Qty: jika ingin mengubah kuota promo bonus dari Amount Quota menjadi Quantity Quota.

  • Priority: penentuan prioritas promo yang akan digunakan dalam satu invoice. NB: Prioritas 1 adalah prioritas promo tertinggi. Contoh: 1, 2, 3, dst.

  • Is Allow Multiple: jika ingin menerapkan promo bonus berlipat.

  • Apply on Remaining Qty and Line Total: jika promo yang berlaku dalam satu invoice hanya boleh satu promo, sesuai prioritas dalam promo tersebut, misalnya promo bertingkat.

  • Final Level: jika promo merupakan prioritas tertinggi dan ingin hanya promo tersebut yang berlaku dalam satu invoice.

2. Promo Criteria

  • Attribute: syarat kriteria yang dapat dipilih untuk menentukan promo. - Product: promo berlaku untuk produk tertentu. - Channel: promo berlaku untuk channel pelanggan tertentu. - Customer: promo berlaku untuk pelanggan tertentu. - Brand: promo berlaku untuk brand produk tertentu.

  • Condition: kondisi kriteria atribute terbagi dua yaitu include (termasuk), exclude (tidak termasuk). Contoh: Attribute-product= Air Galon dengan condition=include, artinya, promo berlaku hanya untuk produk Air Galon. Sebaliknya, Attribute-product= Air Galon dengan condition=exclude, artinya, promo berlaku ke semua produk kecuali Air Galon.

  • Qty From - Qty To: Syarat mulai - batas pembelian untuk promo yang berlaku tergantung dari Scheme type yang ditentukan. Contoh: Qty From: 1 - Qty To: 5

  • Amount From - Amount To: Syarat mulai - batas pembelian untuk promo yang berlaku

    tergantung dari Scheme type yang ditentukan. Contoh: Amount From: 100000 - Amount To: 5000000

  • Multiple: jika promo adalah kuantitas (Quantity) yang dapat diterapkan berlaku kelipatan, multiple dapat diisi sesuai jumlah kelipatan yang diinginkan dan berkaitan dengan Is Allow Multiple.

  • Promo Criteria Item: pilih item sesuai attribute yang dipilih.

3. Promo Bonus

  1. Order (Jika bonus merupakan potongan harga)

  • Discount Type: Tipe diskon yang dapat dipilih untuk potongan harga. Discount type terdiri dari dua yaitu;

    • Amount : jika potongan harga dalam bentuk nilai uang. Contoh: Rp 5.000,-

    • Percentage : jika potongan harga dalam bentuk persentase. Contoh: 10%

  • Discount: field untuk mengisi potongan harga berdasarkan Discount Type.

    • Amount : (penulisan: 5000)

    • Percentage : (penulisan: 10)

  • + Promo Bonus: jika ingin menambah promo bonus lebih dari satu dalam satu skema promo. Contoh: 5%+2%

  • Note : jika ingin menambahkan deskripsi mengenai skema promo yang didaftarkan

  • Save: simpan promo.

  • Save & New: simpan promo dan buat promo baru.

  • Cancel: membatalkan edit skema promo.

2. Product (Jika bonus merupakan potongan harga produk tertentu)

  • Product: pilih produk item yang ingin dijadikan bonus. Contoh: Galon Kosong

  • Unit: pilih unit produk yang ingin dijadikan bonus. Contoh: GLN (Galon)

  • Quantity: jumlah produk yang akan dijadikan bonus. Contoh : 1 (1 Galon Kosong)

  • Discount Type: pilih jenis diskon yang ingin ditetapkan.

    • Percentage: jika bonus produk potongan persentase.

    • Amount: jika bonus produk potongan harga.

  • Discount: field pengisian discount sesuai Discount Type yang dipilih.

    • Percentage: 100 % (Gratis 1 Galon Kosong)

    • Amount: 10000 (Potongan harga senilai Rp 10.000,- untuk produk Galon Kosong)

  • + Promo Bonus: jika ingin menambah promo bonus lebih dari satu dalam satu skema promo. Contoh: 5%+2%

  • Note : jika ingin menambahkan deskripsi mengenai skema promo yang didaftarkan

  • Save: simpan promo.

  • Save & New: simpan promo dan buat promo baru.

  • Cancel: membatalkan edit skema promo.

Last updated