Penjelasan Field Skema Promo
Saat Anda ingin melakukan pembuatan skema promo, ada beberapa fields yang perlu diketahui baik berdasarkan manual maupun import sebagai berikut.
Last updated
Saat Anda ingin melakukan pembuatan skema promo, ada beberapa fields yang perlu diketahui baik berdasarkan manual maupun import sebagai berikut.
Last updated
Ada 3 bagian dalam Promo Scheme yang wajib diisi yaitu Scheme, Criteria, dan Bonus.
*Name : nama program skema promo yang ingin diterapkan untuk penjualan ke pelanggan. Nama promo ini akan tampil di menu Promo SFA salesman, Sales Order, dan Invoice. Contoh; Promo Beli 10 Air Galon Gratis 1 Air Galon.
*Scheme Type: tipe skema promo yang akan dibuat. Terdiri dari 2 tipe yaitu Quantity dan Amount. - Quantity: jika syarat promo berlaku hanya untuk pembelian berdasarkan kuantitas unit produk. Contoh; Beli 5 Galon. - Amount: jika syarat promo berlaku hanya untuk pembelian berdasarkan nilai total pesanan. Contoh; Beli Rp 1.000.000,-
Unit: hanya berlaku jika Scheme Type adalah Quantity. Unit ini berfungsi untuk menentukan jenis unit apa yang berlaku untuk skema promo. Contoh: GLN (Galon).
Supplier: jika kuota promo dikhususkan hanya dari supplier tertentu, maka promo yang berlaku hanya dari stok yang dibeli dari supplier tersebut.
SchemeNo: nomor skema promo akan tampil setelah promo berhasil tersimpan.
*Date From: tanggal promo mulai berlaku.
*Date To: tanggal promo akan berakhir.
*Employee: penentuan pegawai/salesman yang dapat menjual promo ini. NB: Pegawai/salesman boleh lebih dari satu orang.
*Amount Quota: jika bonus promo dalam bentuk potongan harga, maka kuota bonus yang disediakan juga harus dalam bentuk nilai uang. Contoh: Rp 60.000.000,-
*Quantity Quota: jika bonus promo dalam bentuk potongan jumlah produk, maka kuota bonus yang disediakan juga harus dalam bentuk kuantitas. Contoh: 1000 Galon.
Used: jumlah kuota yang telah terpakai.
Remaining: sisa kuota yang tersedia.
Is Using Quota Based Qty: jika ingin mengubah kuota promo bonus dari Amount Quota menjadi Quantity Quota.
Priority: penentuan prioritas promo yang akan digunakan dalam satu invoice. NB: Prioritas 1 adalah prioritas promo tertinggi. Contoh: 1, 2, 3, dst.
Is Allow Multiple: jika ingin menerapkan promo bonus berlipat.
Apply on Remaining Qty and Line Total: jika promo yang berlaku dalam satu invoice hanya boleh satu promo, sesuai prioritas dalam promo tersebut, misalnya promo bertingkat.
Final Level: jika promo merupakan prioritas tertinggi dan ingin hanya promo tersebut yang berlaku dalam satu invoice.
Attribute: syarat kriteria yang dapat dipilih untuk menentukan promo. - Product: promo berlaku untuk produk tertentu. - Channel: promo berlaku untuk channel pelanggan tertentu. - Customer: promo berlaku untuk pelanggan tertentu. - Brand: promo berlaku untuk brand produk tertentu.
Condition: kondisi kriteria atribute terbagi dua yaitu include (termasuk), exclude (tidak termasuk). Contoh: Attribute-product= Air Galon dengan condition=include, artinya, promo berlaku hanya untuk produk Air Galon. Sebaliknya, Attribute-product= Air Galon dengan condition=exclude, artinya, promo berlaku ke semua produk kecuali Air Galon.
Qty From - Qty To: Syarat mulai - batas pembelian untuk promo yang berlaku tergantung dari Scheme type yang ditentukan. Contoh: Qty From: 1 - Qty To: 5
Amount From - Amount To: Syarat mulai - batas pembelian untuk promo yang berlaku
tergantung dari Scheme type yang ditentukan. Contoh: Amount From: 100000 - Amount To: 5000000
Multiple: jika promo adalah kuantitas (Quantity) yang dapat diterapkan berlaku kelipatan, multiple dapat diisi sesuai jumlah kelipatan yang diinginkan dan berkaitan dengan Is Allow Multiple.
Promo Criteria Item: pilih item sesuai attribute yang dipilih.
Order (Jika bonus merupakan potongan harga)
Discount Type: Tipe diskon yang dapat dipilih untuk potongan harga. Discount type terdiri dari dua yaitu;
Amount : jika potongan harga dalam bentuk nilai uang. Contoh: Rp 5.000,-
Percentage : jika potongan harga dalam bentuk persentase. Contoh: 10%
Discount: field untuk mengisi potongan harga berdasarkan Discount Type.
Amount : (penulisan: 5000)
Percentage : (penulisan: 10)
+ Promo Bonus: jika ingin menambah promo bonus lebih dari satu dalam satu skema promo. Contoh: 5%+2%
Note : jika ingin menambahkan deskripsi mengenai skema promo yang didaftarkan
Save: simpan promo.
Save & New: simpan promo dan buat promo baru.
Cancel: membatalkan edit skema promo.
2. Product (Jika bonus merupakan potongan harga produk tertentu)
Product: pilih produk item yang ingin dijadikan bonus. Contoh: Galon Kosong
Unit: pilih unit produk yang ingin dijadikan bonus. Contoh: GLN (Galon)
Quantity: jumlah produk yang akan dijadikan bonus. Contoh : 1 (1 Galon Kosong)
Discount Type: pilih jenis diskon yang ingin ditetapkan.
Percentage: jika bonus produk potongan persentase.
Amount: jika bonus produk potongan harga.
Discount: field pengisian discount sesuai Discount Type yang dipilih.
Percentage: 100 % (Gratis 1 Galon Kosong)
Amount: 10000 (Potongan harga senilai Rp 10.000,- untuk produk Galon Kosong)
+ Promo Bonus: jika ingin menambah promo bonus lebih dari satu dalam satu skema promo. Contoh: 5%+2%
Note : jika ingin menambahkan deskripsi mengenai skema promo yang didaftarkan
Save: simpan promo.
Save & New: simpan promo dan buat promo baru.
Cancel: membatalkan edit skema promo.