Cara Konfirmasi Delivery Summary Jika Terdapat Promo pada Delivery Order (DO)

Untuk pengantaran yang telah selesai, harus dilakukan konfirmasi oleh Admin agar status pengantaran dapat berubah menjadi terkirim. Silakan ikuti langkah berikut untuk mengkonfirmasi pengantaran.

WARNING!

Khusus Delivery Summary (DS) yang di dalamnya terdapat promo pada DO, maka proses konfirmasi DS tidak boleh ada retur baik dalam keadaan akan dikirim kembali (Redeliver) atau tidak akan dikirim kembali (No Redeliver). Oleh karena itu, DS yang terdiri dari DO dengan promo di dalamnya harus melakukan konfirmasi dengan keadaan Deliver All.

"Mengapa demikian?"

Karena proses konfirmasi DS ini jika terdapat retur akan mengubah jumlah faktur/invoice yang telah tergenerate sebelumnya. Kemudian, hasil dari retur ini membuat promo tidak berjalan dikarenakan terdapat syarat yang tidak terpenuhi pada daftar pesanan. Meskipun, yang diretur bukan dari DO yang memiliki promo di dalamnya.

Contoh: DS-240400001 memiliki 5 DO. Terdapat 1 DO yang memiliki promo. Namun, yang diretur adalah DO dengan nomor berbeda tanpa promo, maka DS tersebut tetap tidak boleh ada retur.

"Apa yang akan terjadi jika tetap dilakukan konfirmasi DS dengan retur?"

Maka akan muncul pesan error "Item has promo, quantity can not be edited" seperti berikut

Oleh karena itu, lakukan proses konfirmasi dengan keadaan deliver all tanpa retur seperti cara di bawah ini. "Lalu, bagaimana dengan solusi produk yang harus diretur?" Solusinya, produk yang harus diretur dapat dilakukan retur lewat retur by SO. Silakan ikuti langkah retur by SO di sini.

Berikut cara konfirmasi DS dengan full deliver karena terdapat DO/SO yang memiliki promo didalamnya.

Step 1. Buka menu Sales.

Step 2. Pilih menu Delivery.

Step 4. Pilih nomor DS yang masih bertanda Confirm Delivery.

Note :

  • Date : tanggal dokumen rekap pengantaran a.k.a Delivery Summary (DS).

  • Summary No : Nomor dokumen DS.

  • Driver : Nama supir yang mengantar pesanan.

  • Fleet : Nama kendaraan yang digunakan.

  • Deliveries : Jumlah dokumen surat jalan yang dibawa oleh supir saat pengantaran.

  • Confirm Delivery : Pengantaran belum dikonfirmasi oleh admin

  • Delivery Done: Pengantaran sudah dikonfirmasi oleh admin.

Step 5. Anda harus melakukan klik Deliver All pada pojok kanan atas.

Contoh : Berdasarkan gambar 1, ketika seluruh produk belum diantar, maka kolom Delivered masih kosong. Kemudian pada gambar 2, setelah dipastikan semua terkirim dan sudah klik Deliver All, maka kolom Delivered terisi sesuai jumlah kuantitas yang dipesan (Qty).

Step 2. Pilih Save.

Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar seperti berikut.

Contoh: Dari gambar dokumen diatas, terdapat data berikut:

Summary rekap barang pada perusahaan PT. Test Account Simpli, terdapat pengantaran oleh supir Amir Mahmud dengan nama kendaraan Hino dengan nomor registrasi BK0987YAB, namun persentase muatan tidak terdata karena produk tidak memiliki ukuran sehingga hanya ditampilkan 0.0000000%. Kemudian, isi dari pengantaran ini membawa 2 dokumen surat jalan atau DO dari tanggal 1 - 18 Agustus 2022 dengan nomor rekap surat jalan DS - 23071057.

Ada 2 Produk yang terantar yaitu dengan kode SC-00190 bernama 6002 + Bosch sebanyak 6 Pcs sesuai pesanan dan kode TMU-035 bernama 6004 2RS sebanyak 3 Pcs sesuai pesanan. Kemudian, admin dapat melakukan print out untuk di-tandatangani sesuai Dibuat oleh, Diperiksa oleh, Disetujui oleh, dan Diterima oleh tim perusahaan PT. Test Account Simpli.

Last updated