Cara Konfirmasi Delivery Summary (DS) Dengan Satu Delivery Order (DO)

Untuk pengantaran yang telah selesai, harus dilakukan konfirmasi oleh Admin agar status pengantaran dapat berubah menjadi terkirim. Silakan ikuti langkah berikut untuk mengkonfirmasi pengantaran.

Cara Konfirmasi Delivery Summary (DS) Dengan Satu Delivery Order (DO)

Step 1: Buka menu Sales > Delivery > Summary.

Step 2: Pilih Summary No yang masih bertanda Confirm Delivery.

Note:

  • Date : tanggal dokumen rekap pengantaran a.k.a Delivery Summary (DS).

  • Summary No : Nomor dokumen DS.

  • Driver : Nama supir yang mengantar pesanan.

  • Fleet : Nama kendaraan yang digunakan.

  • Deliveries : Jumlah dokumen surat jalan yang dibawa oleh supir saat pengantaran.

  • Confirm Delivery : Pengantaran belum dikonfirmasi oleh admin

  • Delivery Done: Pengantaran sudah dikonfirmasi oleh admin.

Step 3: Ada 5 pilihan untuk melakukan Konfirmasi Delivery Summary, yaitu:

  1. Produk terkirim semua.

  2. Produk terkirim sebagian dan sebagian diantar kembali.

  3. Produk terkirim sebagian dan sebagian dibatalkan.

  4. Produk tidak terkirim semua dan tidak akan diantar kembali.

  5. Produk tidak terkirim semua namun akan diantar kembali.

Berikut langkah dari 5 pilihan di atas.

1. Produk terkirim semua.

Step 1.1: Klik tombol Deliver All.

Apabila berhasil, tombol Deliver All akan berubah menjadi Reset All.

Step 1.2: Klik tombol Save.

Step 1.3: Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar.

Note:

  • Status pada halaman Delivery Summary akan berubah menjadi Delivery Done.

  • Status pada halaman Sales Order akan berubah menjadi Fully Invoice.

2. Produk terkirim sebagian dan sebagian diantar kembali.

Step 2.1: Isi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered sesuai jumlah yang terkirim atau diterima oleh pelanggan. Kemudian di bagian Retur akan muncul sisa produk yang tidak terkirim.

Contoh: Produk A003 hanya dikirim 2.

Step 2.2: Klik tombol Redeliver All.

Apabila berhasil, tombol Redeliver akan berubah menjadi No Redeliver All.

Step 2.3: Klik tombol Save.

Step 2.4: Akan muncul pop up Confirmation, klik tombol Save and Update.

Step 2.5: Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar.

Note:

  • Status pada halaman Delivery Summary akan berubah menjadi Delivery Done.

  • Status pada halaman Sales Order akan berubah menjadi To Invoice.

3. Produk terkirim sebagian dan sebagian dibatalkan.

Step 3.1: Isi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered sesuai jumlah yang terkirim atau diterima oleh pelanggan. Kemudian di bagian Retur akan muncul sisa produk yang tidak terkirim.

Contoh: Semua produk hanya terkirim 2.

Step 3.2: Klik tombol No Redeliver pada produk yang tidak ingin dikirim kembali.

Apabila berhasil, tombol No Redeliver akan berubah menjadi Redeliver.

Step 3.3: Klik tombol Save.

Step 3.4: Akan muncul pop up Confirmation, klik tombol Save and Update.

Step 3.5: Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar.

Note:

  • Status pada halaman Delivery Summary akan berubah menjadi Delivery Done.

  • Status pada halaman Sales Order akan berubah menjadi To Invoice.

4. Produk tidak terkirim semua dan tidak akan diantar kembali.

Step 4.1: Isi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered dengan angka 0. Kemudian di bagian Retur akan muncul sisa produk yang tidak terkirim.

Step 4.2: Klik tombol No Redeliver pada produk yang tidak ingin dikirim kembali.

Apabila berhasil, tombol No Redeliver akan berubah menjadi Redeliver.

Step 4.3: Klik tombol Save.

Step 4.4: Akan muncul pop up Confirmation, klik tombol Save and Update.

Step 4.5: Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar.

Note:

  • Status pada halaman Delivery Summary akan berubah menjadi Delivery Done.

  • Status pada halaman Sales Order akan berubah menjadi To Invoice.

5. Produk tidak terkirim semua namun akan diantar kembali.

Step 5.1: Isi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered dengan angka 0. Kemudian di bagian Retur akan muncul sisa produk yang tidak terkirim.

Step 5.2: Klik tombol Redeliver All.

Apabila berhasil, tombol Redeliver All akan berubah menjadi No Redeliver All.

Step 5.3: Klik tombol Save.

Step 5.4: Akan muncul pop up Confirmation, klik tombol Save and Update.

Step 5.5: Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar.

Note:

  • Status pada halaman Delivery Summary akan berubah menjadi Delivery Done.

  • Status pada halaman Sales Order akan berubah menjadi To Invoice.

Silakan dicoba, Kawan Simpli! :)

Last updated