Cara Konfirmasi Delivery Summary (DS) Dengan Beberapa Delivery Order (DO)
Untuk pengantaran yang telah selesai, harus dilakukan konfirmasi oleh Admin agar status pengantaran dapat berubah menjadi terkirim. Silakan ikuti langkah berikut untuk mengkonfirmasi pengantaran.
Step 4. Pilih nomor DS yang masih bertanda Confirm Delivery.
Note :
Date : tanggal dokumen rekap pengantaran a.k.a Delivery Summary (DS).
Summary No : Nomor dokumen DS.
Driver : Nama supir yang mengantar pesanan.
Fleet : Nama kendaraan yang digunakan.
Deliveries : Jumlah dokumen surat jalan yang dibawa oleh supir saat pengantaran.
Confirm Delivery : Pengantaran belum dikonfirmasi oleh admin
Delivery Done: Pengantaran sudah dikonfirmasi oleh admin.
Saat melakukan konfirmasi, terdapat 5 pilihan yang dapat dilakukan seperti:
Produk terkirim semua.
Produk terkirim sebagian dan sebagian diantar kembali.
Produk terkirim sebagian dan sebagian dibatalkan.
Produk tidak terkirim semua dan tidak akan diantar kembali.
Produk tidak terkirim semua namun akan diantar kembali.
Berikut langkah dari 5 pilihan di atas.
1. Produk Terkirim Semua
Step 1. Saat produk terkirim semua, maka Anda hanya perlu melakukan klik Deliver All pada pojok kanan atas.
Contoh :
Berdasarkan gambar 1, ketika seluruh produk belum diantar, maka kolom Delivered masih kosong.
Kemudian pada gambar 2, setelah dipastikan semua terkirim dan sudah klik Deliver All, maka kolom Delivered terisi sesuai jumlah kuantitas yang dipesan (Qty).
Step 2. Pilih Save.
Selanjutnya akan muncul dokumen Summary Rekap Barang sebagai bukti dokumen pengiriman terantar seperti berikut.
Contoh: Dari gambar dokumen diatas, terdapat data berikut:
Summary rekap barang pada perusahaan PT. Test Account Simpli, terdapat pengantaran oleh supir Amir Mahmud dengan nama kendaraan Hino dengan nomor registrasi BK0987YAB, namun persentase muatan tidak terdata karena produk tidak memiliki ukuran sehingga hanya ditampilkan 0.0000000%.
Kemudian, isi dari pengantaran ini membawa 2 dokumen surat jalan atau DO dari tanggal 1 - 18 Agustus 2022 dengan nomor rekap surat jalan DS - 23071057.
Ada 2 Produk yang terantar yaitu dengan kode SC-00190 bernama 6002 + Bosch sebanyak 6 Pcs sesuai pesanan dan kode TMU-035 bernama 6004 2RS sebanyak 3 Pcs sesuai pesanan.
Kemudian, admin dapat melakukan print out untuk di-tandatangani sesuai Dibuat oleh, Diperiksa oleh, Disetujui oleh, dan Diterima oleh tim perusahaan PT. Test Account Simpli.
2. Produk Terkirim Sebagian dan Diantar Kembali.
Step 1. Saat produk terkirim sebagian, maka Anda perlu mengisi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered sesuai jumlah yang terkirim atau diterima oleh pelanggan.
Step 2. Kemudian pilih Redeliver All pada bagian Retur Item.
Contoh:
Dari gambar 4, produk yang terantar diisi pada kolom Delivered, seperti produk NP-001 bernama Air Mineral 1500ml sebanyak 1 karton dan ini sudah sesuai dengan pemesanan.
Namun, untuk produk 11522 bernama Termos Air tidak terantar sama sekali. Note : Hal yang dapat membuat tidak terantar bisa dikarenakan oleh beberapa hal, seperti salah jenis, barang rusak, dll.
Kemudian, sisa produk yang tidak terantar berada pada retur item tersebut masuk ke bagian Retur Item dan masih bertanda No Redeliver. Anda harus melakukan klik Redeliver All agar pesanan tersebut tetap dapat diproses pengiriman di jam atau hari yang lain.
Dari gambar 5, terdapat perubahan setelah klik Redeliver All maka, bagian judul berubah menjadi No Redeliver All apabila ingin membatalkan Redeliver All dan produk yang di-redeliver akan berubah menjadi Redeliver.
Step 3. Pilih Save.
Step 4. Pilih Save and Update. Saat muncul pop up message berikut:
Note :
Maksud dari Sales invoice will be updated if there is return adalah faktur penjualan yang sebelumnya akan otomatis terevisi dan berubah menjadi hanya berisi produk terantar saja. Sehingga, Anda akan menemukan perbedaan dari faktur sebelumnya mulai dari jumlah kuantitas produk dan total pesanan.
Contoh:
Faktur sebelum redeliver:
Faktur setelah redeliver:
Jika sudah berhasil, maka akan muncul rekap surat jalan dokumen (DS) seperti berikut ini.
Contoh: Dari gambar dokumen diatas, terdapat data berikut:
Summary rekap barang pada perusahaan PT. Test Account Simpli, terdapat pengantaran oleh supir Andika dengan nama kendaraan Truck Doble dengan nomor registrasi DK 1234 DK, namun persentase muatan tidak terdata karena produk tidak memiliki ukuran sehingga hanya ditampilkan 0.0000000%.
Kemudian, isi dari pengantaran ini membawa 2 dokumen seperti surat jalan pengantaran atau DO dan surat retur pengembalian pada tanggal 6 Juli 2023 dengan nomor rekap surat jalan DS - 23071060.
Ada 1 produk yang terantar yaitu dengan kode NP-001 bernama Air Mineral 1500ml sebanyak 1 Karton. dan Ada 1 produk retur atau kembali dengan kode 11522 bernama Termos Air sebanyak 10 Pcs.
Kemudian, admin dapat melakukan print out untuk di-tandatangani sesuai Dibuat oleh, Diperiksa oleh, Disetujui oleh, dan Diterima oleh tim perusahaan PT. Test Account Simpli.
3. Produk Terkirim Sebagian dan Sebagian Dibatalkan.
Step 1. Saat produk terkirim sebagian, maka Anda perlu mengisi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered sesuai jumlah yang terkirim atau diterima oleh pelanggan.
Step 2. Kemudian pastikan produk yang dibatalkan sudah bertanda NoRedeliver pada bagian Retur Item.
Step 3. Pilih Save.
Step 4. Pilih Save and Update. Saat muncul pop up message berikut:
Note :
Maksud dari Sales invoice will be updated if there is return adalah faktur penjualan yang sebelumnya akan otomatis terevisi dan berubah menjadi hanya berisi produk terantar saja. Sehingga, Anda akan menemukan perbedaan dari faktur sebelumnya mulai dari jumlah kuantitas produk dan total pesanan.
Contoh:
Faktur sebelum redeliver:
Faktur setelah redeliver:
Jika sudah berhasil, maka akan muncul rekap surat jalan dokumen (DS) seperti berikut ini.
Contoh: Dari gambar dokumen diatas, terdapat data berikut:
Summary rekap barang pada perusahaan PT. Test Account Simpli, terdapat pengantaran oleh supir Andika dengan nama kendaraan Truck Doble dengan nomor registrasi DK 1234 DK, namun persentase muatan tidak terdata karena produk tidak memiliki ukuran sehingga hanya ditampilkan 0.0000000%.
Kemudian, isi dari pengantaran ini membawa 2 dokumen seperti surat jalan pengantaran atau DO dan surat retur pengembalian pada tanggal 6 Juli 2023 dengan nomor rekap surat jalan DS - 23071060.
Ada 1 produk yang terantar yaitu dengan kode NP-001 bernama Air Mineral 1500ml sebanyak 1 Karton. dan Ada 1 produk retur atau kembali dengan kode 11522 bernama Termos Air sebanyak 10 Pcs.
Kemudian, admin dapat melakukan print out untuk di-tandatangani sesuai Dibuat oleh, Diperiksa oleh, Disetujui oleh, dan Diterima oleh tim perusahaan PT. Test Account Simpli.
4. Produk Tidak terkirim Semua dan Tidak Akan Diantar Kembali
Step 1. Saat produk tidak terkirim semua, maka Anda tidak perlu mengisi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered atau isi 0.
Step 2. Kemudian pastikan produk yang dibatalkan sudah bertanda NoRedeliver pada bagian Retur Item.
Step 3. Pilih Save.
5. Produk Tidak Terkirim Semua Namun Akan Diantar Kembali
Step 1. Saat produk tidak terkirim semua, maka Anda tidak perlu mengisi jumlah produk terkirim pada kolom Delivered atau isi 0.
Step 2. Kemudian pastikan produk yang dibatalkan sudah bertanda Redeliver pada bagian Retur Item.