Cara Resolve Supplier Payment

Resolve Supplier Payment adalah penyelesaian pembayaran faktur ke supplier, yang sebelumnya masih dianggap belum lunas namun sudah ada konfirmasi pembayaran untuk diselesaikan agar menjadi lunas.

Jika Anda memiliki pembayaran faktur ke supplier atau Supplier Payment yang statusnya belum dapat dikatakan lunas/cair atau pembayaran via Giro namun sudah memberi konfirmasi pembayaran ke supplier, Anda dapat melakukan penyelesaian atau resolve pembayarannya saat Giro sudah cair atau pembayaran sudah terima oleh supplier.

Biasanya, tanggal pembayaran via Giro dengan tanggal pencairan akan memerlukan jeda waktu beberapa hari. Sehingga pencatatan pembayaran juga dapat Anda sesuaikan dengan tanggal kapan dibayar dan kapan cair.

Contoh:

Anda memiliki tagihan terhadap supplier PT.GoodFood senilai 33,432,500.00 dan sudah mengkonfirmasi pembayaran via Giro pada tanggal 21 Agustus 2023 dari Rekening Bank. Namun, pembayaran Anda tersebut cair atau diterima oleh supplier pada tanggal 22 Agustus 2023. Lakukan langkah pembayaran ke supplier seperti pada umumnya atau klik disini.

Lakukan langkah berikut ini untuk proses penyelesaian pembayaran:

Step 1. Buka menu Purchase Step 2. Pilih Supplier Payment.

Step 3. Cari nomor pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya dan berstatus active. Contoh : PP-230800212 Step 4. Klik icon centang pada Action.

Step 5. Kemudian klik Save pada popup message konfirmasi seperti berikut.

Selanjutnya, Supplier Payment dapat dinyatakan telah di-resolved.

NOTE:

  • Tidak ada tanggal resolved yang ditampilkan sehingga pastikan Anda melakukan resolved sesuai tanggal resolved yang seharusnya.

  • Supplier payment dapat dikatakan selesai apabila status pada nomor pembayaran atau Supplier Payment yang sudah diresolved berubah dari Active menjadi Completed.

Last updated