Menambahkan Division

Divisi merupakan fitur untuk mengklasifikasikan produk agar menjadi terpisah dalam proses penjualan. Pemisahan ini bertujuan agar pelanggan dan pegawai hanya dapat membeli dan menjual produk berdasarkan divisi yang sama dengan divisi produk. Contoh: jika sebuah produk A termasuk ke dalam divisi A, maka pelanggan dan pegawai yang boleh melakukan transaksi terhadap produk A tersebut harus diberikan divisi yang sama yaitu divisi A.

FYI:

  • Produk hanya dapat diassign ke dalam satu divisi saja.

  • Pelanggan dan Pegawai dapat diassign ke lebih dari satu divisi.

1. Menambahkan divisi pada produk

Step 1. Buka menu Master Data> Product> Product Master.

Step 2. Pilih Kode produk yang ingin ditambahkan divisi.

Step 3. Pilih tanda (+) pada field Division.

Step 4. Isi Name dan Description sesuai divisi yang diinginkan.

Step 5. Pilih Save.

2. Menambahkan Divisi pada Customer

Step 1. Buka menu Master Data> Customer> Division.

Step 2. Pilih tanda +.

Step 3. Isi Name, Minimum order, dan Description.

NOTE:

  • Minimum order adalah fitur divisi yang diberikan khusus customer agar saat membeli sebuah produk yang termasuk ke divisi tersebut harus memenuhi minimal transaksi yang dibutuhkan. Contoh : 500,000

Step 4. Kemudian Save.

Last updated