A/R Analysis (Account Receivable Analysis)
Pada menu ini, Anda dapat menganalisa pembayaran pelanggan berdasarkan pembayaran yang telah atau belum dilakukan dalam kurun waktu kuartal. Ikut langkah-langkah berikut ini.
Last updated
Pada menu ini, Anda dapat menganalisa pembayaran pelanggan berdasarkan pembayaran yang telah atau belum dilakukan dalam kurun waktu kuartal. Ikut langkah-langkah berikut ini.
Last updated
Step 1. Buka menu Intelligence.
Step 2. Pilih menu BI.
Step 3. Pilih menu Account Report.
Step 4. Pilih menu A/R Analysis.
Pada menu A/R Analysis, terdapat beberapa tampilan yang dapat membantu Anda, seperti berikut ini:
Contoh : Pelanggan 107 Ponsel 2 memiliki 64 faktur selama Q1 2023 dengan total keseluruhan senilai 2.597.777.460,97. Diantara 64 faktur tersebut nilai faktur tertinggi adalah 900.000.000,00 dan rata-rata faktur senilai 40.590.272,83. Telah dilakukan pembayaran senilai 2.615.789.770,08 dengan discount sebesar 450.080,00 yang terbagi dalam 25 kali pembayaran. Saat ini, sisa faktur yang belum terbayar adalah 4.093.565,33 dan telah jatuh tempo senilai 3.973.625,33. Maksimal jatuh tempo atau jatuh tempo terlama pelanggan ini adalah 167 hari dengan rata-rata sekitar 87,95 hari. Untuk mengetahui detailnya, 64 faktur tersebut terdiri atas faktur penjualan (Sales Invoice) dan retur penjualan (Sales Return). Sales Invoice yang terdapat selama Q1 2023 sebanyak 53 faktur penjualan dengan total nilai 2.620.153.415,41. Faktur dengan nilai tertinggi adalah senilai 900.000.000 dan rata-rata faktur senilai 49.436.856,89. Telah dilakukan pembayaran senilai 2.615.789.770,08 dengan discount sebesar 450.080,00 yang terbagi dalam 25 kali pembayaran. Saat ini, sisa faktur yang belum terbayar adalah 4.093.565,33 dan telah jatuh tempo senilai 3.973.625,33. Maksimal jatuh tempo atau jatuh tempo terlama pelanggan ini adalah 167 hari dengan rata-rata sekitar 73,17 hari. Sedangkan, Sales Return yang terdapat selama Q1 2023 sebanyak 11 faktur retur dengan total nilai -22.375.954,44 (tanda minus hanya sebagai pembeda bahwa ini adalah retur).
Customer : Nama pelanggan.
2023 : tahun
Q1 : kuartal
Sales Invoice : Faktur penjualan
Sales Return : Retur penjualan
#of Invoice : Jumlah seluruh dokumen faktur penjualan.
Total Invoice Amount : Jumlah seluruh faktur penjualan berdasarkan nilai piutang.
Max Invoice Amount : Nilai faktur tertinggi.
Avg Invoice Amount : Rata-rata nilai faktur.
Total Payment : Total pembayaran yang telah diterima.
Total Payment Discount : Total diskon pembayaran yang telah diberikan.
Payment Count : Total pembayaran tercatat.
Outstanding Amount : Jumlah piutang yang belum dibayar.
Overdue Amount : Jumlah piutang yang belum dibayar dan sudah jatuh tempo.
Max Overdue (days) : Jumlah maksimal hari yang telah jatuh tempo.
Avg. Overdue (days) : Jumlah rata-rata hari yang telah jatuh tempo.